You are currently viewing ACADEMIC WRITING;  Agenda Perdana yang Inovatif

ACADEMIC WRITING; Agenda Perdana yang Inovatif

    Dalam merealisasikan visi misi STAI YPBWI Surabaya di bidang penelitian,maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STAI YPBWI Surabaya telah melaksanakan workshop Academic Writing bagi mahasiswa semester VII.Agenda yang dilaksanakan pada hari Senin, 26 September 2022 tersebut diikuti oleh 35 mahasiswa dariProdi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Anank Usia Dini (PIAUD), Ekonomi Syariah (ES), dan Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah (PGMI).

ACADEMIC WRITING; 3

     Academic Writing difokuskan pada aspek praktis dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa, peningkatan dan kesadaran mahasiswa dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas karya tulis ilmiah bagi mahasiswa. Agenda ini menghadirkan Dr. Muhammad Fahmi, M.Hum., M.Pd, Kaprodi PAI dan Editor in Chief Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) UIN Sunan Ampel Surabaya, sebagai narasumber eksternal. Sementara, Zaini Tamim AR, ketua LPPM STAI YPBWI Surabaya menjadi narasumber internal.

ACADEMIC WRITING; 2

   Dalam pembukaan, Ketua STAI YPBWI Surabaya menyampaikan: “Saya sangat mengapresiasi kegiatanAcademic Writing ini. Kegiatan ini merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan, sehingga proses penulisan karya ilmiah dan skripsi bukan hanya formalitas dan prosedural, tetapimenjadi karya yang berkualitas baik dari segi isi, pembahasan dan hasil penelitian. Tentu tujuannya peningkatan akademik STAI YPBWI Surabaya pada umumnya dan masing-masing prodi pada khususnya..”.

  Sementara, Zaini Tamim AR, ketua LPPM berharap agenda tersebut dapat memberikan peningkatan kapasitas penelitian, mulai dari judul, teori, isi, metode penelitian, hingga analisis yang digunakan. “Saya juga berharap agenda ini bisa ditindaklanjuti di tingkatan Prodi dan dapat dilaksanakan setiap tahun. Karena setiap forum kepenulisan harus bertahap dan kontinyu”, tegasnya.

ACADEMIC WRITING; 1

   Di samping itu, LPPM– yang juga berkoordinasi dengan Wakil Ketua 1 Bidang Akdemik –memandang bahwa lingkungan akademis yang kondusif dapat memberikan stimulus pada seluruh civitas akademik untuk terus melakukan penyegaran dan pengembangan ide-ide baru yang inovatif perlu terus diwadahi dan dikembangkan. Dengan demikian, nuansa pengembangan ide-ide dan konsep baru tentang pendidikan terutama dalam wilayah masing-masing Prodi di STAI YPBWI Surabaya dapat tumbuh segar. Sehingga terhindar dari stagnasi dan kejumudan pemikiran dalam bidang penelitian.

Leave a Reply