Sejarah Pendirian

Salah satu syarat kemajuan suatu bangsa dan Negara adalah tingkat pendidikan dan kebangsaan yang tinggi dari warga masyarakat . Kebodohan sama artinya dengan keterbelakangan. Kewajiban mencerdaskan bangsa pada dasarnya merupakan tanggung jawab warga masyarakat dengan pemerintah. semakin besar tingat pastisipasi masyarakat indonesia terhadap pembangunan dunia pendidikan, semakin dekat pula pada jarak yang ditempuh perjalanan bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan nasional, yaitu masyarakat yang adilmakmur yang diridhoi Allah swt.

Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya, merupakan jenjang pendidikan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Bakti, sebuah yayasan yang didirikan oleh Ibu-ibu wanita Islam pada tahun 1962. Dengan berjalannya waktu Yayasan Pendidikan Bakti kemudian ditetapkan menjadi badan otonom organisasi wanita. YPB Perwakilan Jawa Timur berdiri pada Tahun 1980, pada tahun 1983 YPB PERWAKILAN JAWA Timur mendirikan PGTKI (Pendidikan Guru TK Islam) dalam bentuk class program 1 tahun, mengikuti YPB Pusat yang mendirikan PGTKI di Jakarta. Karena PGTKI belum dapat pengakuan dari pemerintah, maka YPB Pusat mengganti nama PGTKI menjadi LPPGTKIN (Lembaga Pengembangan Profesi Guru TK Islam) denganpergantian nama tersebut, maka otomatis PGTKI Surabaya pun berunah menjadi LPPGTKI Nasib LPPGTKI Surabaya tidak ubahnya seperti nasib PGTKI Jakarta maupun PGTKI Surabaya, maka [ada tahun 1996, YPB Jatim tergerak untuk mengembangkan LPPGTKI dengan mengganti STAI YPBWI Surabaya dengan program studi D2 PGTKI.

Setahun kemudian STAI YPBWI mengembangkan  sayapnya dengan mendirikan program studi SI Pendidikan Agama Islam.pada tahun 2010 mendirikan program studi S1 PGRA, Tahun 2012 mendirikan program studi S1 Ekonomi Syariah